Rabu, 26 Desember 2012

RAPI dirikan 60 posko di daerah rawan bencana

Maimun Saleh - Koran Sindo
Senin,  24 Desember 2012  −  20:46 WIB
Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Sindonews.com - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Banda Aceh luncurkan posko bantuan komunikasi darurat. Posko tersebut dibangun di 60 titik yang tersebar di kawasan rawan bencana.

"Terutama di kawasan pesisir dan pusat keramaian yang tersebar dalam wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar," kata Ketua RAPI Kota Banda Aceh TAF Haikal, di Kota Banda Aceh, Senin (23/12/2012).

Menurut Haikal posko berfungsi untuk membantu menyebarluaskan informasi pada masyarakat saat terjadi bencana. Selain itu mengarahkan warga ke titik aman saat proses evakuasi jika bencana terjadi.

Haikal memastikan relawan RAPI akan berada di posko-posko yang ditempatkan di jalur evakuasi. Jalur evakuasi tersebut diantaranya, kawasan padat penduduk, pusat keramaian, persimpangan padat, masjid, meunasah, kantor camat, dan kantor lurah.

"Selain untuk menghindari jatuh korban jiwa, agar tidak terjadi kepanikan di masyarakat bila terjadi bencana," ucapnya.

Peluncuran posko dilakukan di Lambung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh. Peluncuran posko diiringi simulasi penyampaian arahan informasi oleh komando pengendali (Kodal) Kota Banda Aceh.

Selain peluncuran posko, RAPI Aceh juga menggelar doa bersama dikuburan massal Siron, Aceh Besar rangkaian kegiatan itu dalam rangka memperingati delapan tahun bencana gempa dan tsunami Aceh.
(maf)

 http://daerah.sindonews.com/read/2012/12/24/24/700481/rapi-dirikan-60-posko-di-daerah-rawan-bencana

Tidak ada komentar: