Jumat, 23 Januari 2009

Jadwal Terbang SMAC Sering Tertunda

30/12/2008 09:16 WIB

[ rubrik: Serambi Bisnis | topik: Aktifitas Masyarakat ]
BLANGPIDIE - Maskapai Penerbangan Sabang Marauke Air Charter (SMAC) yang melayani rute penerbangan perintis Blangpidie-Medan-Banda Aceh, dilaporkan sering mengalami penundaan jadwal terbang tanpa sebab yang jelas.

Para calon penumpang mengaku sangat kecewa dengan pelayanan yang diberikan tersebut. Bahkan beberapa calon penumpang yang telah membeli tiket, terpaksa menggunakan jasa transportasi darat untuk menuju Medan. Selama ini, SMAC terbang dari dan ke wilayah ini sebanyak dua kali seminggu, yakni Selasa dan Sabtu.

Selama sepekan terakhir saja, sudah dua kali terjadi penundaan. Pertama pada hari Selasa (23/12) lalu yang ditunda ke hari Minggu (28/12), dan kedua jadwal terbang hari Sabtu (27/12) yang ditunda ke hari Kamis (1/1) awal 2009 nanti.

Seorang calon penumpang, Devi Satria Putra, kepada Serambi,mengaku terpaksa berangkat ke Medan menggunakan transportasi darat setelah secara tiba-tiba pihaknya mendapatkan informasi dari Agen SMAC Blangpidie bahwa penerbangan ditunda.

Hal yang lama juga diakui calon penumpang lainnya, TAF Haikal. “Pihak manajemen SMAC harus memperbaiki pelayanannya karena jadwal penerbangan yang sering ditunda ini sangat merugikan masyarakat, terutama di kawasan pantai barat selatan Aceh ini,” ujarnya.

SMAC sebagai pemenang tender, diminta komit dengan kontrak yang telah disepakati sebelumnya. Demikian juga dengan pemerintah Aceh yang berkeharusan mengontrol pelayanan yang diberikan oleh SMAC. “Penerbangan merupakan alternatif bagi masyarakat Aceh yang ingin ke luar daerah, terutama di tengah suasana jalur darat yang terganggu,” tambahnya.

Belum diperoleh informasi resmi dari manajemen SMAC di Blangpidie karena hingga kemarin tidak berhasil dihubungi. Sementara dari seorang petugas di Kantor Agen SMAC, Dedek, mengakui adanya pergeseran jadwal tersebut, namun dia tidak tahu persis apa penyebabnya.

http://www.serambinews.com/old/index.php?aksi=bacaberita&rubrik=7&topik=44&beritaid=61324

Tidak ada komentar: