Minggu, 04 Oktober 2009

Aceh Buka Posko Kemanusiaan untuk Korban Gempa Padang

Sabtu, 03 Oktober 2009 | 16:07 WIB

TEMPO Interaktif, Banda Aceh - Para aktivis Aceh membuka sebuah posko kemanusiaan untuk mengumpulkan bantuan bagi korban gempa di Sumatera Barat. Posko itu diberi nama, Poros Kemanusiaan Aceh untuk Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan oleh Taf Haikal, Koordinator Poros tersebut, Sabtu (03/10) di Banda Aceh. ”Mendengar kabar gempa dahsyat di Sumater Barat, elemen sipil Aceh langsung menggelar rapat mendadak. Kami lalu membuka posko,” ujarnya. Haikal adalah salah satu aktivis Aceh yang kehilangan keluarganya saat tsunami Aceh lima tahun silam.

Menurutnya posko dipusatkan di Kantor Forum LSM Aceh. Berbagai elemen tergabung dalam Poros ini, selain kalangan LSM, juga berbagai organisasi masyarakat, mahasiswa dan individu.

Posko bertugas menghimpun dana untuk disalurkan bagi korban gempa yang saat ini tinggal di tenda-tenda darurat di Sumatera Barat. “Kita juga telah mengirimkan beberapa relawan ke sana,”ujar Haikal.

Kata Haikal, aksi itu dilakukan sebagai bentuk empati yang besar terhadap korban bencana di seluruh daerah. Poros Kemanusiaan Aceh sebelumnya juga ikut membantu korban gempa Jogjakarta dan Jawa Tengah.

“Bagi kami, gempa dan tsunami di Aceh memberikan pelajaran penting, betapa rasa kemanusian menjadi pengikat silaturrahmi umat manusia. Rasa kamanusian ini harus tetap kita tumbuh kembangkan. Cukup banyak bantuan yang mengalir ke Aceh waktu itu. Selayaknya, kita juga melakukan hal yang sama, membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ujar Taf Haikal.

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/10/03/brk,20091003-200622,id.html

Tidak ada komentar: