Minggu, 31 Juli 2011

Pengungsi amukan gajah sudah pulang

Saturday, 30 July 2011 17:10
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Puluhan warga Dusun Rambong Gampong Sapek, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, yang mengungsi akibat takut amukan gajah liar, kini telah kembali ke rumahnya.

Ketua LSM Mataradja Aceh Jaya, T Asrizal di Calang, mengatakan, kawananan gajah liar yang sejak dua pekan terakhir berkeliaran di permukiman Dusun Rambong sudah bergeser ke Desa Reuntang atau berjarak 6 Km dari dusun itu.

"Warga sudah tidak betah lagi tinggal di pengungsian, meski khawatir diamuk gajah, mereka tetap pulang ke rumahnya dan mereka juga ingin merayakan meugang di rumahnya sendiri," kata T Asrizal sore ini.

Menurut dia, setiap malam warga di pedalaman Aceh Jaya itu harus mengungsi guna menghindari amukan satwa liar yang dilindungi itu. "Setiap hari kawanan gajah merusak tanaman perkebunan dan merusak berbagai sarana dan prasarana milik warga di Desa Sapek itu, karena takut, maka banyak warga yang mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Asrizal.

Berdasarkan laporan warga sekitar, akibat ulah satwa berbelalai itu, sekitar satu hektare lebih kebun semangka dan kakao serta tanaman lainnya rusak parah. Kawanan gajah juga merusak dinding rumah yang terbuat dari kayu dan memporakporandakan isinya.

Asrizal juga mengatakan, saat ini kawanan gajah tersebut berada di Desa Reuntang dan telah merusak tanaman perkebunan milik warga di desa itu. "Laporan yang kami terima saat ini warga sedang membakar ban untuk mengusir kawanan gajah itu," katanya.

Juru bicara Kaukus Pantai Barat Selatan (KPBS) TAF Haikal meminta pemerintah atau pihak terkait untuk segera mananggulangi amukan gajah itu. "Persoalan gajah itu sudah berlangsung lama, apa pihak terkait tidak punya nurani sehingga membiarkan warga resah dengan ulah satwa dilindungi itu atau memang pihak terkait tidak mampu dan tidak mau mengatasinya, saya khawatir warga akan menempuh cara-cara anarkis untuk menanggulangi amukan gajah itu," kata TAF Haikal.


http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=208847:pengungsi-amukan-gajah-sudah-pulang&catid=13:aceh&Itemid=26

Tidak ada komentar: